MTsN 7 Agam Laksanakan Asesmen Sumatif Akhir Tahun

Candung, HUMAS – Senin (3/6), MTsN 7 Agam menggelar Asesmen Sumatif Akhir Tahun (SAT) untuk tahun pelajaran 2023/2024. Ujian yang dimulai hari ini akan berlangsung hingga 11 Juni 2024. Total 432 siswa terdaftar sebagai peserta ujian, dengan rincian 221 siswa dari kelas 7 dan 211 siswa dari kelas 8.

Dalam pelaksanaan asesmen kali ini, para siswa diwajibkan menggunakan smartphone pribadi yang telah terinstal aplikasi Exambro untuk mengerjakan ujian. Untuk siswa yang tidak memiliki smartphone, madrasah menyediakan fasilitas komputer di laboratorium komputer guna memastikan semua siswa dapat mengikuti ujian tanpa hambatan.

Irwansyah, Wakil Kurikulum sekaligus Ketua Panitia, menjelaskan, “Asesmen Sumatif Akhir Tahun ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 dan 8, yang terbagi dalam 18 ruang ujian. Kami telah memfasilitasi siswa dengan laboratorium komputer untuk mengatasi kendala pada saat penggunaan smartphone. Penting bagi kami untuk memastikan semua siswa dapat mengikuti ujian dengan lancar.”

Salman Pas, Kepala Madrasah, menekankan pentingnya asesmen sumatif ini sebagai evaluasi hasil belajar siswa. Beliau berharap agar semua siswa mengikuti ujian dengan baik dan bertanggung jawab. “Semoga hasil ujian ini memberikan gambaran yang akurat tentang kemajuan siswa selama tahun pelajaran,” tutur Salman Pas.

Herianto, operator madrasah, menyoroti penggunaan aplikasi Exambro dalam pelaksanaan asesmen kali ini. “Aplikasi Exambro sangat efektif untuk mengurangi kecurangan. Kami telah melakukan berbagai persiapan teknis untuk memastikan aplikasi ini berjalan dengan baik selama pelaksanaan ujian,” tambahnya.

Tanggapan positif juga datang dari salah satu siswa kelas 8, Nasywa Ghayata Amali, yang menganggap penggunaan aplikasi Exambro praktis dan cepat. “Menurut saya, ujian dengan aplikasi Exambro lebih praktis dan cepat. Menggunakan smartphone membuat saya lebih mudah dalam mengerjakan soal-soal ujian. Saya merasa nyaman dan terbantu dengan sistem ini,” ujar Nasywa.

Dengan harapan dan persiapan yang matang, MTsN 7 Agam optimis bahwa pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Tahun ini akan berjalan lancar dan sukses, serta mampu memberikan gambaran yang akurat tentang capaian belajar siswa sepanjang tahun pelajaran 2023/2024. (Syob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *